Leo Travel 2 - шаблон joomla Joomla
Pura Pegulingan is built in Caka year 1100 (1178 C) by King Masula Masuli. The location of the temple is in Basangambu Tampak Siring Gianyar regency. This
Located just 10 minutes outside of Ubud in Bali, Goa Gajah is a significant Hindu archaeological site. Goa Gajah is locally known as the Elephant Cave because of
Gunung Kawi Tampaksiring terletak di Banjar Penaka, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Candi Gunung Kawi merupakan situs arkeologi berupa candi yang dipahatkan pada dinding batu di
Tirta Empul is located in the upper course of pakerisan rive, Manukaya Vilage Tampaksiring Sub district Gianyar Regency.
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5

Tari Kecak

Kecak adalah jenis tari Bali yang paling unik. Kecak tidak diiringi dengan alat musik/gamelan apapun tetapi diiringi dengan paduan suara sekitar puluhan orang pria. Kecak berasal dari jenis tari Sakral “Sang Hyang”. Pada tari Sanghyang seseorang yang sedang kemasukan roh berkomunikasi dengan para dewa atau leluhur yang sudah disucikan. Dengan menggunakan si penari sebagai media penghubung para Dewa atau Leluhur dapat menyampaikan sabdanya. Pada tahun 1930-an mulailah disisipkan cerita Epos Ramayana ke dalam tari tersebut. Secara singkat ceritanya adalah sebagai berikut :

Karena akal jahat Dewi Kekayi (Ibu tiri) Sri Rama, Putra mahkota yang sah dari kerajaan Ayodya, diasingkan dari istana ayahandanya Sang Prabu Dasarata. Dengan ditemani adik laki-lakinya serta istrinya yang setia Sri Rama pergi ke hutan Dandaka. Pada saat mereka berada di hutan, mereka diketahui oleh prabu Dasamuka (Rahwana) seorang raja yang lalim, dan Rahwana pun terpikat oleh kecantikan Dewi Sita. Ia lalu membuat upaya untuk menculik Sita, dan ia dibantu oleh pathnya, Marica. Dengan kesaktiannya raksasa marica menjelma menjadi seekor kijang emas yang cantik dan lincah. Dengan demekian maka merekapun berhasil memisahkan Sita dari Rama dan Laksmana. Rahwana lalu menggunakan kesempatan ini untuk menculik Dewi Sita dan membawanya kabur ke Alengka Pura. Dengan mengadakan tipuan ini maka Rama dan Laksmana berusaha menolong Sita dari cengkeraman raya yang kejam itu. Atas bantuan bala tentara kera dibawah panglima Sugriwa maka mereka berhasil mengalahkan bala raksasa Rahwana yang dipimpin oleh Meganada, putranya sendiri. Akhirnya Rama berhasil merebut kembali istrinya dengan selamat.

Beberapa Episode dari Epos Ramayana yang dipertunjukkan dalam tari Kecak :

Adegan I : Rama,Sita dan Kijang Emas.

Rama, Sita dan Laksmana memasuki arena, lalu muncul Kijang Emas. Sita meminta Rama untuk menangkapnya. Rama meninggalkan Sita yang dijaga oleh Laksmana. Tiba-tiba terdengar jeritan minta tolong. Menurut Sita, itu pasti suara Rama, lalu menyuruh Laksmana untuk membantunya, karena dituduh hendak mencari untung atas kematian Rama. Laksmana naik pitam dan pergi meninggalkan Sita seorang diri.

 

II : Sita dan Rahwana

Rahwana muncul, menculik Sita serta menerbangkannya ke Alengka.

III : Sita, Trijata dan Hanoman

Dengan ditemani Trijata keponakan Rahwana, Sita meratapi nasibnya di taman istana Alengka. Hanoman (si kera putih) muncul. Ia berkata bahwa ia adalah utusan Sang Rama, dan iapun memperlihatkan cincin Rama yang dibawanya Sita lalu menyerahkan cincinnya untuk diserahkan kepada Rama dengan pesan bahwa agar Rama segera menyelamatkannya.

IV : Rama, Meganada dan Garuda

Adegan ini memperlihatkan Rama di medan perang melawan Meganada, putra Rahwana. Meganada menembak Rama dengan panah saktinya, yang tiba-tiba berubah menjadi seekor naga yang kemudian melilit Rama. Dalam keputusannya ia lalu memanggil Garuda, sekutunya Garuda lalu membebaskan Rama.

V : Rama, Sugriwa dan Meganada

Muncullah Sugriwa, si raja kera. Segera terjadi pertarungan antara Sugriwa dan Meganada. Pertunjukan diakhiri dengan kemenangan di pihak Rama. Akhir cerita, Rama, Sita, Laksmana kembali pulang dengan rasa bahagia.

Login to post comments
In legends, Legong is the heavenly dance of divine nymphs. Of all classical Balinese dances, it...
What makes the Kecak special is that the accompanying music is provided by the human voice, the...
Sidakarya mask is part of the mask dance performances that accompanied the ceremony in Bali...
Barong is probably the most well known dance. It is also another story telling dance, narrating...

Photo Tour

photo_tourphoto_tourphoto_tourphoto_tourphoto_tourphoto_tourphoto_tourphoto_tourphoto_tour

Contact us

 Gianyar Government Tourism Office

Jln. Ngurah Rai, Gianyar - Bali - Indonesia (0361) 943554 This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.