Leo Travel 2 - шаблон joomla Joomla

Google Translate

KATA PENGANTAR

 

Om Swastyastu,

Puji syukur kami panjatkan kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Waca, Tuhan Yang Maha Esa  atas karunia-Nya sehingga penyusunan perubahan dokumen

RENCANA STRATEGIS DINAS PARIWISATA KABUPATEN GIANYAR TAHUN 2013-2018dapat diselesaikan dalam rangka mewujudkan Gianyar Bagus

tanpa menemui hambatan yang berarti sesuai dengan visi Bupati Gianyar A.A. Gde Agung Bharata dan Wakil Bupati Gianyar I Made Mahayastra periode 2013 -2018 yakni

Terwujudnya Gianyar BAGUS (Bersih, Alami, Giat, Berbudaya dan Sejahtera)” menuju Jagadhita.

Dengan adanya perubahan dokumen  Rencana Strategis ini, diharapkan dapat lebih memantapkan perencanaan untuk melaksanakan kegiatan pembangunan

sektor pariwisatadi Kabupaten Gianyar hingga tahun 2018, terutama dalam mendorong peningkatan nilai tambah sektor-sektor unggulan pariwisata, dan

SDM Kabupaten Gianyar kedepan.Dengan demikian pembangunan ekonomi Gianyar dapat dirasakan tidak saja di wilayah tertentu, tetapi juga oleh seluruh komponen

masyarakat di seluruh wilayah Kabupaten Gianyar.

Harapan kami Rencana Strategis (Renstra) ini  dapat memberikan manfaat yang optimal, bagi pihak-pihak yang terkait.

 

Gianyar, Mei 2016

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar

 

   

Anak Agung Dalem Jagadhita, SH

Pembina Tk. I

NIP. 19640926 199403 1 002

Om Shanti,Shanti,Shanti, Om

 

 

 

DAFTAR ISI 

 

COVER DALAM...................................................................................... i

KATA PENGANTAR................................................................................ ii

DAFTAR ISI.....………………………………..………………….…………......... iii

 

BAB I    PENDAHULUAN ...................................................................... 1

1.1 LATAR BELAKANG................................................................ 1

1.2 MAKSUD DAN TUJUAN......................................................... 7

1.3 LANDASAN HUKUM ……………………………………………………………....... 7

1.4 SISTEMATIKA PENULISAN ………………………………………………….. 8

 

BAB II  GAMBARAN PELAYANAN DINAS PARIWISATA KABUPATEN GIANYAR 11

2.1 TUGAS , FUNGSI DAN STRUKTUR ORGANISASI...................... 11

2.2 SUMBER DAYA …………………………………………………………………… 14

2.3 KINERJA PELAYANAN DINAS PARIWISATA ……………………………..... 17

2.4 TANTANGAN DAN PELUANG PENGEMBANGAN PELAYANAN DINAS PARIWISATA ……………… 18

 

BAB III  ISU-ISU STRATEGIS BERDASARKAN TUGAS POKOK DAN FUNGSI      21

3.1 IDENTIFIKASI PERMASALAHAN BERDASARKAN TUGAS DAN FUNGSI PELAYANAN DINAS PARIWISATA.............21

3.2 TELAAH VISI, MISI DAN PROGRAM KEPALA DAERAH DAN WAKIL KEPALA DAERAH ....................................... 22

3.3 ISU-ISU STRATEGIS............................................................. 31

 

BAB IV           VISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN STRATEGIS DAN KEBIJAKAN        33

4.1 VISI DAN MISI DINAS PARIWISATA KABUPATEN GIANYAR...... 33

4.2 TUJUAN DAN SASARAN …………………………………….................. 35

4.3 ARAH KEBIJAKAN DAN STRATEGI ……………………………………….. 37

BAB V  RENCANA PROGRAM DAN KEGIATAN, INDIKATOR KINERJA DAN PENDANAAN INDIKATIF...... 40

 

5.1 PROGRAM DAN KEGIATAN DINAS PARIWISATA KABUPATEN GIANYAR ………………………………………………………  40

5.2 INDIKATOR KINERJA DAN PENDANAAN INDIKATIF................. 42

 

BAB VI    INDIKATOR KINERJA DINAS PARIWISATA...................   43

 

BAB VII  PENUTUP…………….......................................................... ...44 

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1     Latar  Belakang

 

Pembangunan kepariwisataan  daerah merupakan bagian dari proses pembangunan kepariwisataan nasional dalam rangka mencapai cita-cita bangsa Indonesia

sebagai bangsa yang mandiri, maju, adil dan makmur. Pembangunan kepariwisataan merupakan rangkaian upaya pembangunan yang berkesinambungan meliputi

seluruh aspek kehidupan masyarakat, bangsa dan negara, untuk melaksanakan tugas mewujudkan tujuan nasional sebagaimana dirumuskan dalam Pembukaan

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Pembangunan kepariwisataan sangat erat dengan kebudayaan tercakup dalam pembangunan

bidang sosial budaya dan kehidupan beragama yang terkait erat dengan pengembangan kualitas hidup manusia dan masyarakat Indonesia, sesuai

Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2007 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) Tahun 2005– 2025, yang mengamanatkan bahwa

pembangunan bidang sosial budaya dan kehidupan beragama diarahkan pada pencapaian sasaran untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang berakhlak mulia,

bermoral, beretika, berbudaya, dan beradab; dan mewujudkan bangsa yang berdaya saing untuk mencapai masyarakat yang lebih makmur dan sejahtera.

Pembangunan kepariwisataan mempunyai peranan penting dalam meningkatkan penyerapan tenaga kerja, mendorong pemerataan kesempatan berusaha, mendorong

pemerataan pembangunan nasional, dan memberikan kontribusi dalam penerimaan devisa negara yang dihasilkan dari jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman),

serta berperan dalam mengentaskan kemiskinan yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Pariwisata juga berperan dalam upaya meningkatkan

jati diri bangsa dan mendorong kesadaran dan kebanggaan masyarakat terhadap kekayaaan alam dan budaya bangsa dengan memperkenalkan kekayaan alam dan budaya.

 Pertumbuhan perekonomian Kabupaten Gianyar yang dapat dilihat dari nilai absolut PDRB baik atas dasar harga berlaku (ADHB) maupun atas dasar harga konstan

(ADHK) menunjukkan struktur ekonomi Gianyar didominasi oleh sektor ektor perdagangan, hotel dan restaurant yang terkait paling erat dengan industri pariwisata tampak

mendominasi dengan share mencapai 28,82% terhadap total PDRB Kabupaten Gianyar tahun 2010. Di sisi lain Sektor pertanian, Sektor industri pengolahan, dan sektor jasa–jasa

berperan domonan pula. Sektor lain juga turut mewarnai tumbuhnya ekonomi Kabupaten Gianyar. Tumbuhnya ekonomi Gianyar sebesar 6,04% tahun 2010, demikian pula tahun

sebelumnya tumbuh 5,93%, patut diberikan apresiasi tinggi mengingat begitu besarnya hambatan yang dialami seperti krisis finansial global yang harus dihadapi. Hambatan

tersebut terasa berat karena ekonomi Gianyar masih bersandar sepenuhnya pada pariwisata yang tidak terlepas dari efek situasi dan kondisi eksternal.

Prospek perekonomian Kabupaten Gianyar  di tahun – tahun  mendatang diperkirakan akan lebih baik. Kondisi pariwisata Kabupaten Gianyar Tahun 2012 dengan kunjungan

wisatawan ke obyek wisata jumlah wisatawan mancanegara mencapai 1.084.326 orang dengan pertumbuhan mencapai 22,21% per tahun dan wisatawan nusantara jumlah

kunjungan mencapai 595.779 orang dengan pertumbuhan mencapai 33,97% per tahun dengan tingkat hunian hotel mencapai 65% dan untuk Tahun 2013 juga diharapkan

adanya peningkatan kwalitas dan kwantitas kunjungan Wisman dan Wisnus yang datang ke Kabupaten Gianyar, yang ditargetkan sebanyak 1.246.975 orang wisatawan asing

(diasumsikan pertumbuhan 15%) dan wisatawan domestik ditargetkan 714.935 orang (diasumsikan pertumbuhan 20%) dengan tingkat hunian hotel mencapai 65%.

 

Tabel 1.1

Perkembangan Kunjungan Wisatawan Di Obyek Wisata Yang Dikelola Pemerintah Kabupaten Gianyar Tahun 2007 -2012

 

Tahun

Kabupaten Gianyar

Jumlah

Asing

Domestik

  2007

    275.584

    108.539

    384.123

2008

    364.747

    105.995

    470.742

2009

    414.608

    150.415

    565.023

2010

    454.172

    210.713

 664.885

2011

    449.186

    242.447

 691.633

2012

 601.159

    271.226

 872.385

Sumber : Dinas Pariwisata Gianyar 2012

 

Tabel 1.2

Persentase Pertumbuhan Kunjungan Wisatawan 2007 – 2012

di Kabupaten Gianyar

TTahun

Asing (Orang)

Domestik (Orang)

Tingkat Pertumbuhan

Asing

Domestik

2007

275.584

108.539

30,89

15,54

2008

364.747

105.995

 32,35

-2,34

2009

414.608

150.415

13,67

41,91

2010

454.172

210.713

9,54

40,09

2011

449.186

242.447

-1,10

15,06

2012

601.159

271.226

33,90

11,87

Rata-rata pertumbuhan

19,88%

20,36%

Sumber: Hasil Analisis Tabel 1.1

 

Hasil analisis rata-rata pertumbuhan kunjungan wisatawan di Kabupaten Gianyar selama 5 tahun terakhir sebesar 19,88% untuk wisatawan asing dan 20,36% untuk

wisatawan domestik. Berdasarkan atas prosentase rata-rata pertumbuhan, maka diproyeksikan rata-rata pertumbuhan untuk 5 tahun mendatang tidak lebih besar

dari rata-rata pertumbuhan 5 tahun sebelumnya. Berdasarkan atas pertimbangan realisasi peningkatan jumlah kunjungan di Kabupaten Gianyar tahun 2012 hanya

sebesar 11,35%, maka diproyeksikan angka pertumbuhan wisatawan asing rata-rata 10% per tahun, dan rata-rata peningkatan wisatawan domestik diproyeksikan

meningkat sebesar 15% per tahun. Adapun proyeksi pertumbuhan wisatawan disajikan pada tabel berikut.

 

Tabel 1.3

Proyeksi Kunjungan Wisatawan 2013 – 2018

di Obyek Wisata yang dikelola Pemerintah Kabupaten Gianyar

 

Proyeksi Jumlah Kunjungan Wisatawan

 (Orang)

Tahun

Asing

Domestik

2013

    1.246.975

      714.935

2014

    1.434.021

      857.922

2015

    1.649.124

   1.029.506

2016

    1.896.493

   1.235.407

2017

    2.180.967

   1.482.489

2018

    2.508.112

   1.778.987

Sumber: Hasil Perhitungan Proyeksi Linier RPJMD tahun 2013-2018

 

Kepariwisatan Daerah  Kabupaten Gianyar diharapkan menjadi sektor andalan yang mampu meggalakkan kegiatan ekonomi, mengkatrol sektor lain yang terkait,

membuka lapangan kerja dan pada gilirannya meningkatkan pendapatan masyarakat daerah. Potensi  Kepariwisataan daerah Kabupaten Gianyar adalah obyek wisata berupa

keindahan alam dan seni budaya yang bersumber dari agama Hindu.

Berdasarkan uraian diatas maka, diperlukan adanya Rencana Strategis untuk percepatan pembangunan sektor Pariwisata Kabupaten Gianyar, untuk memberikan arah

sejumlah langkah dan terobosan untuk mempercepat pertumbuhan sektor pariwisata hingga tahun 2018.

1.2     Maksud dan Tujuan

Fungsi perencanaan sangat penting bagi keberlangsungan pembangunan pariwisata, sehingga dalam penyusunan Rencana Strategis Dinas Pariwisata ,memiliki tujuan sebagai

berikut :

  • Untuk dapat dipergunakan sebagai dokumen resmi daerah , mengarahkan pelayanan dinas pariwisata dalam mengimplementasikan visi, misi, arah kebijakan pimpinan
  • daerah Bupati dan Wakil Bupati  selama lima tahun.
  • Agar program kegiatan yang dilaksanakan dinas pariwisata dapat direncanakan lebih efektif, terukur , transparan dan akuntable, bagaimana mencapainya dan
  • langkah- langkah strategis apa yang perlu dilakukan agar tujuan dapat tercapai.

 

1.3     Landasan Hukum

Dalam penyusunan Renstra Dinas  Pariwisata memperhatikan  acuan/landasan sebagai berikut :

  • Undang- Undang No 25 tahun 2004 tentang  Sistim Perencanaan Pembangunan Nasional.
  • Undang- Undang Nomor  32 tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah
  • Undang- Undang Nomor 12 tahun 2008 tentang Perubahan Kedua Atas Undang- Undang Nomor 32 tahun 2004.
  • Undang- Undang Nomor 10 tahun 2009 tentang Kepariwisataan.
  • Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 tahun 2010 Tentang Tahapan dan Tata Cara Penyusunan Rencana Strategis Satuan Kerja Perangkat Daerah ( Renstra SKPD).
  • Peraturan Daerah Propinsi Bali Nomor 16 tahun 2009 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Propinsi Bali Tahun 2009-2029 .
  • Peraturan Daerah Propinsi bali Nomor 2 tahun 2012 tentang Kepariwisataan Budaya Bali.
  • Peraturan Daerah Kabupaten Gianyar Nomor 9 tahun 2011 tentang Perubahan atas PeraturanDaerah Kabupaten Gianyar Nomor 6 tahun 2008 tentang Organisasi
  • dan Tata Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Gianyar.
  • Peraturan Daerah Kabupaten Gianyar Nomor  16 tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Gianyar Tahun 2012- 2032
  • Peraturan daerah Kabupaten Gianyar Nomor 10 Tahun 2013 tentang Kepariwisataan Budaya Kabupaten Gianyar
  • Peraturan Daerah Kabupaten Gianyar Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Perencanaan Pembangunan Jangka Menengah Kabupaten Gianyar tahun 2013- 2018

 

1.4     Sistematika Penulisan

Sistematika penyusunan dokumen Renstra Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar tahun 2013 – 2018 adalah sebagai berikut :

Bab I  Pendahuluan

1.1          Latar Belakang, memuat latar belakang penyusunan Renstra Dinas Pariwisata Kab. Gianyar Tahun 2013 – 2018

1.2          Landasan Hukum, memuat dasar hukum dalam pembangunan dan pengembangan kepariwistaan di Kabupaten Gianyar sebagai yang tertuang dalam Renstra

Dinas Pariwisata Kab. Gianyar Tahun 2013 – 2018

1.3          Maksud dan Tujuan, memuat maksud dan tujuan penyusunan Renstra Dinas Pariwisata Kab. Gianyar Tahun 2013 – 2018

1.4          Sistematika Penulisan

Bab II Gambaran Pelayanan

2.1          Tugas, Fungsi dan Struktur Organisasi

2.2          Sumber Daya

2.3          Kinerja Pelayanan SKPD

2.4          Tantangan dan Peluang Pengembangan Pelayanan SKPD

Bab III Isu-isu Strategis berdasarkan Tugas dan Fungsi

3.1          Identifikasi Permasalahan Berdasarkan Tugas dan Fungsi Pelayanan SKPD

3.2          Telaahan Visi, Misi dan Program Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Terpilih

3.3          Penentuan isu-isu Strategis

Bab IV  Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran, Strategis dan Kebijakan

4.1          Visi dan Misi SKPD

4.2          Tujuan dan Sasaran Jangka Menengah (Tahun 2013-2018) SKPD

4.3          Strategi dan Kebijakan

Bab V Rencana Program dan Kegiatan, Indikator Kinerja, Kelompok Sasaran dan Pendanaan Indikatif

Bab VI Indikator Kinerja SKPD Yang mengacu pada Tujuan dan Sasaran RPJMD

Bab VII Penutup

 

BAB II

GAMBARAN PELAYANAN DINAS PARIWISATA

KABUPATEN GIANYAR

 

2.1 Tugas, Fungsi dan Struktur Organisasi

2.1.1 Tugas Pokok dan Fungsi

Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar merupakan unsur Pelaksana Otonomi Daerah yang dipimpin Kepala Dinas, berkedudukan dibawah dan bertanggungjawab

kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Gianyar No 9 Tahun 2011 tentang Organisasi dan Tata Kerja Perangkat Daerah

Kabupaten Gianyar, Dinas Pariwisata mempunyai tugas melaksanakan Urusan Pemerintahan Daerah berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan

Dalam melaksanakan tugasnya Dinas Pariwisata mempunyai fungsi :

1)     Perumusan kebijakan teknis dibidang kepariwisataan

2)     Penyelenggaraan urusan Pemerintah dan Pelayanan Umum dibidang kepariwisataan

3)     Pembinaan dan Pelaksanaan tugas kepariwisataan

4)     Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsi

Untuk melaksanakan tugas dan fungsi organisasi, Dinas Pariwsata Kabupaten Gianyar memiliki sumber daya manusia yang cukup besar disamping untuk menjalankan

tugas-tugas administrasi kantor juga memiliki SDM yang ditempatkan pada beberapa obyek/DTW yang dikelola langsung oleh Dinas Pariwisata, seperti Gunung Kawi Sebatu,

Gunung Kawi Tampak Siring, Tirta Empul, Goa Gajah, Yeh Pulu, Alam Sidan, dan Bukit Jati.

 

2.1.2  Struktur Organisasi

Berdasarkan  Perda No. 9 Tahun 2011 tentang  Perubahan atas Peraturan Daerah Kabupaten Gianyar Nomor 6 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Perangkat

Daerah Kabupaten Gianyar, Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar memiliki tugas : melaksanakan Urusan Pemerintahan Daerah berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan,

dan melaksanakan fungsi Perumusan kebijakan teknis dibidang kepariwisataan, Penyelenggaraan urusan Pemerintah dan Pelayanan Umum dibidang kepariwisataan,

Pembinaan dan Pelaksanaan tugas kepariwisataan dan   Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsi. 

Secara keseluruhan struktur organisasi Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar terlihat pada bagan dibawah ini :

(file bisa dilihat di foto galery)

2.2.       Sumber Daya

2.2.1. Sumber Daya Manusia

Dalam menunjang kinerja, Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar dilengkapi dengan perangkat organisasi yang didukung oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang cukup

memadai. Jumlah SDM Dinas Pariwisata adalah sejumlah 174 orang yang terdiri dari : 92 orang PNS,  82 orang Pegawai Tidak Tetap terdiri dari 21 orang tenaga

Harian dan 61 orang Tenaga Harian Lepas, termasuk yang bertugas di obyek-obyek wisata seperti yang terlihat dalam grafik berikut:

Susunan Kepegawaian pada Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar :

  1. PNS Golongan IV                            :  6       orang
  2. PNS Golongan III                           :  41     orang
  3. PNS Golongan II                            :  37     orang
  4. PNS Golongan I                             :  8       orang
  5. NON PNS Harian                            : 21      orang
  6. NON PNS THL                                :  61     orang

Dimana susunan PNS  pada Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar :

  1. Pejabat Eselon II                             :  1       orang
  2. Pejabat Eselon III                            :  5       orang
  3. Pejabat Eselon  IV                           :  15     orang
  4. Staf Golongan III                            :  25     orang
  5. Staf Golongan II                             : 36      orang
  6. Staf Golongan I                              :   7      orang

Dalam rangka mengoptimalkan Kinerja  Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, maka Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar

dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadai, sarana Gedung Kantor berlantai 2, terletak di jantung Kota yang berdekatan dengan destinasi pusat kuliner,

tepatnya di Jalan Ngurah Rai No. 9, Telp. (0361) 943401, fax (0361) 943554. Dengan website www.gianyartourism.com. Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Keberadaan fasilitas Gedung Kantor Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar terdiri dari beberapa ruangan yaitu Lobi, ruang reservation, Ruang Tunggu, Ruang Kepala

Dinas, Ruangan Sekdis, Ruangan para Kabid dan Staf, Ruang Sidang dan Ruangan untuk Jaringan Informasi website.

 

2.2.2.  Sarana dan Prasarana

Sarana dan prasarana yang menunjang di dalam melaksanakan tugas yaitu :

  1. a.           Gedung Kantor

Dilihat dari jumlah gedung yang ditempati Dinas Pariwisata    Kabupaten Gianyar yaitu sebanyak :

1). 1 (satu) gedung induk yang terdiri dari 15 ( lima belas)  ruangan.

2). 7 (tujuh) buah loket dimasing-masing obyek wisata yang dikelola Pemerintah Kabupaten Gianyar

3). 2 (dua) buah bangunan tempat ibadah pada Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar

4). 1 (satu) buah bangunan toilet pada obyek wisata yang dikelola Pemerintah Kabupaten Gianyar

5). 1 (satu) buah gedung kantor koordinator obyek wisata  pada pada obyek wisata yang dikelola Pemerintah Kabupaten Gianyar

6). 2 (dua) buah bangunan serba guna pada obyek wisata yang dikelola Pemerintah Kabupaten Gianyar

  1. b.           Jalan, Irigasi dan Jaringan

Dilihat dari jumlah jalan, irigasi dan jaringan yang dimiliki Dinas Pariwisata    Kabupaten Gianyar yaitu sebanyak :

1). 2 (dua ) buah jalan dan trotoar pada obyek wisata yang dikelola Pemerintah Kabupaten Gianyar

2). 1 (satu) buah bangunan pemandian umum pada obyek wisata yang dikelola Pemerintah Kabupaten Gianyar

3). 1 (satu) buah irigasi/senderan pada obyek wisata yang dikelola Pemerintah Kabupaten Gianyar

4). 1 (satu) unit system jaringan telepon pada kantor Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar

  1. c.           Peralatan Kerja

Peralatan kerja khususnya computer sebanyak 9 buah dalan kondisi baik, Lap Top sebanyak 1  buah, printer 4 

  1. d.           Kendaraan

Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar pada saat ini mempunyai  Kendaraan roda 4 (empat ) sebanyak  2 (dua) unit dan  Sepeda motor 5 ( lima ) unit.

                                    

2.3.       Kinerja Pelayanan Dinas Pariwisata

 

Sampai dengan tahun 2013, Dinas   Pariwisata Kabupaten Gianyar telah melaksanakan pelayanan  sebagaimana pada tabel 2.1 sebagaimana terlampir.  

Berdasarkan tabel 2.1, secara umum rata-rata capaian realisasi program adalah 100 % dari target yang ditetapkan sebesar 100%. Realisasi program ini dihitung

berdasarkan atas penyerapan dana yang dianggarkan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar dari tahun 2009 sampai dengan 2013. Semua kegiatan yang dianggarkan

telah dapat terlaksana dengan baik, setiap program kegiatan telah dilaksanakan. Penyerapan dana secara garis besar telah mencapai 99% lebih, namun beberapa kegiatan

memang penyerapan dananya hanya mencapai 80%.

Dapat disimpulkan bahwa semua kegiatan program yang direncanakan dan dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar dari tahun 2009 – 2013 telah terlaksana

dengan baik.

Sesuai dengan tabel 2.2, secara umum rasio antara realisasi dan anggaran dapat dikatakan baik. Rasio antara realisasi dan anggaran dari tahun ke tahun rata-rata adalah

1,00 sehingga dapat dikatakan baik. Faktor yang mempengaruhi adalah perencanaan yang baik, mempertimbangkan segala aspek perubahan yang bisa terjadi pada

tahun-tahun kedepannya, pelaksanaan kegiatan yang selalu mengacu pada Dokumen Pelaksanaan Anggaran sehingga segala kegiatan yang dilakukan tidak melenceng dari

apa yang telah direncanakan.

 

2.4.       Tantangan dan Peluang Pengembangan Pelayanan Dinas Pariwisata

Sebagaimana diketahui bahwa pembangunan kepariwisataan disamping mendatangkan manfaat baik dibidang ekonomi seperti memperluas kesempatan berusaha,

membuka lapangan kerja, mendorong pembangunan daerah juga untuk memberikan manfaat untuk kesejahteraan masyarakat.

Disamping mendatangkan manfaat maka hal yang tidak bisa dihindari juga adalah dampak negatif dari pengembangan kepariwisataan adalah seperti terjadinya perusakan

lingkungan, kenaikan harga barang dan jasa serta meniru pola hidup/budaya asing yang belum tentu cocok dengan budaya setempat.

 

  1. A.           Peluang/Kesempatan dalam pengembangan kepariwisataa

1)     Dengan berkembangnya kepariwisataan di Provinsi Bali pada umumnya dan di Kabupaten Gianyar pada khususnya adalah merupakan suatu peluang bagi berkembangnya

berbagai kegiatan usaha yang berkaitan baik secara langsung maupun tidak langsung serta dapat memperluas kesempatan kerja yang pada akhirnya dapat meningkatkan

penerimaan daerah.

2)     Munculnya kreatifitas dalam pengembangan produk wisata yang mempunyai ciri khas dan keunikan tersendiri sehingga mempunyai daya tarik dan keunggulan dalam

pengembangan pariwisata.

3)     Selalu menjaga stabilitas baik di bidang ekonomi maupun keamanan, sehingga wisatawan maupun investor dapat merasakan keamanan, ketenagan/kenyamanan

maupun ketertiban dan berkunjung maupun berusaha bagi investor yang berinvestasi.

4)     Perkembangan yang pesat dalam IPTEK khususnya teknologi informasi dalam penyebarluasan informasi tentang berbagai aspek yang berkaitan dengan kepariwisataan

baik di dalam maupun luar negeri.

5)     Tersedianya waktu libur yang lebih panjang di Negara-negara pasar wisatawan mancanegara dan system transportasi serta komunikasi yang makin canggih sehingga

mendorong pergerakan wisatawan untuk melakukan perjalanan wisata.

 

  1. B.    Tantangan/Ancaman    

1)     Persaingan menjadi semakin ketat baik di dalam maupun di luar negeri yang mengharuskan kita untuk mampu bersaing dan melakukan diversifikasi jenis kepariwisataan

dan kualitas atau standarisasi destinasi terus dikembangkan.

2)     Keterbatasan Kabupaten Gianyar akan sumber daya alam yang dimiliki menyebabkan keterbatasan dalam pengembangan dan pembangunan khususnya di sektor pariwisata.

Oleh sebab itu harus selalu dijaga agar jangan sampai pengembangan kepariwisataan tersebut mengurangi kualitas sumber daya yang dimiliki sehingga pembangunan yang

berkelanjutan dapat terus dijaga.

3)     Stabilitas keamanan baik di Bali maupun di luar Bali akan sangat berpengaruh terhadap kepariwisataan sehingga harus tetap dijaga.

4)     Kualitas sumber daya manusia pendukung kepariwisataan harus selalu ditingkatkan kualitasnya untuk dapat bersaing dengan tenaga dari luar negeri disamping

juga tetap menjaga jangan sampai terpengaruh oleh budaya asing yang tidak cocok dengan budaya kita.

 

 

BAB III

ISU-ISU STRATEGIS BERDASARKAN

TUGAS POKOK DAN FUNGSI

 

3.1.  Identifikasi Permasalahan Berdasarkan Tugas dan Fungsi Pelayananan Dinas Pariwisata

 

 Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar telah melakukan identifikasi permasalahan, diantaranya yaitu :

INTERNAL :

-      Kebersihan (sampah) dan pertamanan

-      Kesehatan (rabies, flu brurung, dll)

-      Keamanan (terorisme, konflik adat, dll)

-      Kemacetan lalu lintas

-      Pedagang acung

-      Gangguan gelandangan dan pengemis (GEPENG)

-      Pengembangan produk pariwisata yang belum inovatif

-      Rendahnya kualitas sarana prasarana dan fasilitas penunjang destinasi (jalan, trotoar, tempat parkir, toilet)

-      Rendahnya kualitas SDM pariwisata

-      Rendahnya kesadaran masyarakat

-      Sektor anggaran/alokasi dana yang belum memadai

-      Law enforcement yang masih rendah

-      Egoisme sektoral yang masih tinggi

EKSTERNAL :

-      Krisis finansial global

-      Persaingan destinasi pariwisata antar Negara dan daerah yang semakin ketat

-      Terjadinya bencana alam (tsunami, gunung meletus, dll)

-      Kebijakan politik dari Negara asing (travel warning, travel banned, travel advisory)

 

3.2.   Telaah Visi, Misi dan Program Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Terpilih

          3.2.1. VISI

Renstra SKPD Dinas   Pariwisata disusun dengan mengacu pada Visi dan Misi Kabupaten Gianyar yang  memperhatikan RJPMD / Renstrada Provinsi Bali dan  RPJMD

Kabupaten Gianyar, juga memperhatikan dokumen perencanaan lainnyaseperti RUTR Kabupaten Gianyar, lingkungan hidup dan sumber daya yang terdapat di Kabupaten Gianyar.

Berdasarkan RJPMD Kabupaten Gianyar Tahun 2013 – 2018, Visi pembangunan Kabupaten Gianyar 5 tahun ke depan adalah ”Gianyar Bagus”, yang mengandung pengertian

Bagus berarti baik, elok, indah atau cemerlang. BAGUS juga merupakan singkatan dari Bersih, Alami, Giat, Berbudaya dan Sejahtera. Berdasarkan hal tersebut, Visi Gianyar

2013-2018 adalah :

 

”TERWUJUDNYA GIANYAR BAGUS

(BERSIH, ALAMI, GIAT,BERBUDAYA DAN SEJAHTERA)” MENUJU JAGADHITA

 

  1. Terwujudnya Gianyar yang BERSIH, meliputi :

a)    Terwujudnya aparatur pemerintah daerah yang bersih, berwibawa, berintegritas, profesional, berjiwa enterpreneur dan responsif terhadap kepentingan rakyat

berbasis kinerja.

b)    Terwujudnya penyelenggaraan pemerintahan yang mampu menerapkan prinsip-prinsip pemerintahan yang baik (good and clean govermance) yaitu profesional,

transparan, akuntabel, partisipatif serta memiliki kredibilitas dan bebas KKN.

c)    Terwujudnya suatu sistem perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pembangunan daerah yang melibatkan partisipasi publik dalam berbagai tingkatan

pengambilan keputusannya.

d)    Terwujudnya sinergitas antara pemerintah, masyarakat, ilmuwan dan pengusaha (tetrahedron) dalam mempercepat proses pembangunan.

e)    Terwujudnya partisipasi masyarakat dalam mewujudkan ketentraman, ketertiban umum dan suprimasi hukum.

f)       Terwujudnya sistem keamanan lingkungan yang berbasis komunitas dan sistem informasi yang berbasis teknologi dengan membangun sinergitas pemerintah,

aparat keamanan dan masyarakat.

  1. Terwujudnya Gianyar yang ALAMI, meliputi :

a)    Terwujudnya lingkungan Gianyar yang alami dan lestari

b)    Tereujudnya lingkungan masyarakat yang indah, bersih dan hijau (clean and green)

c)    Terwujudnya perencanaan, pemanfaatan dan pengendalian pemanfaatan ruang serta penggunaan lahan sesuai dengan Rencana Tata Ruang Wilayah

d)    Terkendalinya lingkungan hidup dan pemanfaatan Sumber Daya Alam secara berkelanjutan

e)    Terwujudnya peningkatan kesadaran dan wawasan masyarakat akan pentingnya peranan pengelolaan lingkungan dalam berbagai aspek pembangunan

f)       Terwujudnya sinergitas pengelolaan lingkungan dan pengembangan pariwisata budaya yang berbasis pada masyarakat

  1. Terwujudnya Gianyar yang GIAT, meliputi :

a)    Terwujudnya peningkatan pemahaman masyarakat akan pentingnya selalu giat bekerja, dalam konteks bekerja keras, bekerja cerdas dan bekerja ikhlas

b)    Terwujudnya kreativitas dan produktivitas masyarakat dalam berinovasi untuk membangun dan mengembangkan usaha, serta bentuk-bentuk ekonomi kreatif lainnya,

berbasis ekonomi kerakyatan.

c)    Terwujudnya penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi dan ketrampilan bagi masyarakat dalam menghadapi perubahan (change), persaingan (competitveness)

dan kompleksitas permasalahan (complexity) di masa depan dalam berbagai tingkatan

d)    Terwujudnya peningkatan kualitas sumber daya manusia yang memiliki daya saing tangguh, berjiwa enterpreneurship dan mampu memenuhi tuntutan, kebutuhan dan

kemajuan pembangunan daerah

e)    Terwujudnya peningkatan partisipasi publik dan kemandirian masyarakat dam berbagai bidang usaha untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhannya, minimal kebutuhan

pokoknya

f)       Terwujudnya aparatur pemerintah yang juga giat bekerja, responsif dalam mengatasi permasalahan pembangunan dan pelayanan publik

  1. Terwujudnya Gianyar yang BERBUDAYA, meliputi :

a)    Terwujudnya peningkatan pemahaman dan pelaksanaan swadarmaningnegaradan swadarmaning agama bagi masyarakat Gianyar

b)    Terwujudnya peningkatan sradha dan bhakti dalam menunjang kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual dalam berkreasi dan beraktivitas

c)    Terwujudnya masyarakat yang tenteram, rukun dan damai berdasarkan semangat selunglung sebayantaka paras paros sarpanaya, sekaligus mewujudnyatakan

kerukunan intern dan antar umat beragama dengan semangat menyama braya

d)    Terwujudnya peningkatan etos atau budaya kerja, kreativitas masyarakat dalam menciptakan, mengembangkan kesenian dan hasil-hasil produksi yang memiliki

nilai seni dan berdaya saing

e)    Terwujudnya kreativitas seni dan budaya sebagai pilar adat dan agama yang berbasis Desa Pekraman, banjar, subak dan sekaa-sekaa lainnya

f)       Terpeliharanya adat istiadat dan nilai-nilai budaya lokal sebagai pedoman hidup (way of life) di dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

  1. Terwujudnya Gianyar yang SEJAHTERA, meliputi :

a)    Terwujudnya peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang ditunjukkan oleh :

  • Ø Tingkat pendidikan antara lain : terlaksananya wajib belajar 12 tahun, meningkatnya jumlah penduduk berpendidikan tinggi, menurunnya tingkat pendidikan rendah,
  • meningkatnya angka partisipasi sekolah dan tersedianya tenaga siap pakai melalui pendidikan kejuruan, serta mengembangkan rumah belajar bagi masyarakat
  • Ø Tingkat kesehatan antara lain : meningkatnya derajat kesehatan masyarakat, angka harapan hidup dan terpenuhinya sistem pelayanan sosial melalui
  • Asuransi Kesehatan, atau bentuk jaminan kesehatan lainnya.
  • Ø Meningkatnya kemampuan daya beli masyarakat yang ditunjukkan oleh meningkatnya pendapatan riil per kapita.

b)    Terwujudnya penurunan jumlah penduduk miskin, pengangguran terbuka dan berkurangnya kesenjangan antar wilayah dan kesenjangan sosial.

c)    Terwujudnya akses masyarakat miskin terhadap pemenuhan kebutuhan dasar seperti kebutuhan sandang, pangan, papan, pendidikan, kesehatan, sanitasi dan

kesempatan berusaha.

d)    Terwujudnya peningkatan pengarustamaan gender dan partisipasi perempuan dalam pembangunan melalui program kegiatan dan penyusunan anggaran yang

sensitif gender.

e)    Terwujudnya kesadaran akan pentingnya perhatian pada peranan pemuda, anak-anak dan penyandang masalah sosial lainnya, dalam keberhasilan seluruh proses

pembangunan daerah.

f)       Tersedianya jaringan infrastruktur yang mampu mendorong perekonomian desa dan berkembangnya keterpaduan antar sektor dalam pengelolaan potensi ekonomi

daerah yang berwawasan lingkungan.

 

3.2.2.  MISI

Untuk mewujudkan Visi pembangunan 2013-2018 disusun Misi Pembangunan Kabupaten Gianyar lima tahun mendatang yaitu :

1)           Membangun pemerintahan yang bersih, responsif, berintegritas, profesional dan berjiwa entrepreneur yang berorientasi pada pelayanan publik.

2)           Menjadikan Gianyar yang bersih, hijau dan elok berdasarkan penerapan rencana tata ruang secara konsisten dan berwawasan lingkungan, sehingga

dapat mewujudkan Gianyar yang alami dan terbebas dari masalah-masalah kependudukan, lingkungan dan sosial.

3)           Menumbuhkan etos dan sikap giat bekerja pada masyarakat dalam mengembangkan ekonomi kreatif dan usaha ekonomi kerakyatan yang berbasis pada

produk unggulan daerah (One Village One Product), melatih dan mengusahakan modal bagi komponen masyarakat untuk menjadi entrepreneur.

4)           Menumbuh kembangkan budaya masyarakat yang berbasis nilai-nilai kearifan lokal yang dapat menumbuhkan religiusita, disiplin, kerja keras berorientasi

pada prestasi, dengan meningkatkan peranan desa pekraman, banjar, subak dan seka-sekaa serta institusi-institusi yang telah ada dalam menjaga adat, budaya dan agama.

5)           Meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia yang kompetitif, berintegritas, profesional dan berjiwa

kewirausahaan (entrepreneurship), dengan mengimplementasikan wajib belajar 12 tahun, beasiswa bagi anak yang kurang mampu dan berprestasi sampai ke jenjang

perguruan tinggi, meningkatkan kualitas, insentif dan renumerasi bagi pendidik dan tenaga kependidikan, serta menjadikan ruang-ruang publik di desa sebagai rumah belajar.

Telaahan visi, misi, dan program kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih di Kabupaten Gianyar  dalam hubungannya dengan tugas pokok dan fungsi dari Dinas Pariwisata

Kabupaten Gianyar adalah pada misi yang ke-2 (dua) dan ke-3 (tiga) yaitu :

  • Menjadikan Gianyar yang bersih, hijau dan elok berdasarkan penerapan rencana tata ruang secara konsisten dan berwawasan lingkungan, sehingga dapat mewujudkan
  • Gianyar yang alami dan terbebas dari masalah-masalah kependudukan, lingkungan dan sosial.
  • Menumbuhkan etos dan sikap giat bekerja pada masyarakat dalam mengembangkan ekonomi kreatif dan usaha ekonomi kerakyatan yang berbasis pada produk
  • unggulan daerah (One Village One Product), melatih dan mengusahakan modal bagi komponen masyarakat untuk menjadi entrepreneur.                    

            Untuk mewujudkan kedua misi tersebut ditetapkan tujuan dan sasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar dalam melaksanakan pembangunan Kabupaten Gianyar

dibidang kepariwisataan, sebagai berikut :

  • Tujuan

-        Mewujudkan sinergitas pengelolaan lingkungan dan pengembangan pariwisata budaya yang berbasis pada masyarakat.

-        Mewujudkan peningkatan pemahaman masyarakat akan pentingnya  selalu giat bekerja, dalam konteks bekerja keras, bekerja cerdas dan bekerja iklas.

  • Sasaran

-        Terwujudnya peningkatan partisipasi lembaga adat/dinas dalam pengelolaan lingkungan hidup di wilayahnya

-        Meningkatkan daya saing daerah Kabupaten Gianyar

            Untuk mencapai tujuan dan sasaran tersebut, strategi umum yang diambil dalam rangka pemenuhan hak dasar rakyat sesuai dengan visi, misi, tujuan dan sasaran

pembangunan Kabupaten Gianyar terutama di bidang pariwisata adalah melalui percepatan pembangunan ekonomi kerakyatan yang berbasis sinergi antar pariwisata,

pertanian dan perdagangan (Industri kecil).

Mengacu pada misi 2 dan 3  diatas maka  arah dan kebijakan  pembangunan kepariwisataan Daerah di  Kabupaten Gianyar 2013-2018, mengacu pada RTRW yang

berwawasan lingkungan dapat  dijabarkan sebagai berikut :

  1. Pembangunan kepariwisataan daerah yang berstandar internasional berbasis pemberdayaan masyarakat, berkelanjutan dan terpadu antar sektor;
  2. pembangunan kepariwisataan daerah yang mengutamakan keunggulan kawasan lokal yang sesuai dengan prioritas pengembangan pariwisata Bali dan Nasional;
  3. pengembangan DTW yang berbasis pada daya tarik budaya, alam/lingkungan yang berlandaskan pada keharmonisan antara manusia, alam/lingkungan dan budaya/agama;
  4. dan
  5. pembangunan kepariwisataan daerah yang berorientasi pada pemerataan pertumbuhan ekonomi wilayah, peningkatan kesempatan kerja, pengurangan kemiskinan
  6. dan pelestarian budaya dan alam/lingkungan;

 Strategi pengembangan kepariwisataan daerah dapat ditempuh melalui 4 srategi meliputi :

  1. Pengembangan destinasi pariwisata daerah;
  2. Pengembangan pemasaran pariwisata daerah;
  3. Pengembangan industri pariwisata daerah;
  4. Pengembangan kelembagaan pariwisata daerah.

Sedangkan program prioritas lima tahun dibidang pariwisata di Kabupaten Gianyar 2013-2018 meliputi :

  1. Program Pelayanan Administrasi Perkantoran
    1. Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur
    2. Peningkatan Sarana dan Prasarana Pariwisata
    3. Program pengembangan pemasaran pariwisata
    4. Program pengembangan destinasi pariwisata
    5. Program pengembangan Kemitraan
    6. Program Pengembangan Jaringan Pelayanan Informasi Pariwisata.
    7. Program Pengembangan industry Pariwisata.
 
 
 

3.3 Penentuan  Isu –Isu Strategis

Selama kurun waktu 5 (lima) tahun kedepan, isu-isu strategis yang menjadi perhatian untuk segera ditindaklanjuti meliputi :

  1. Kompetensi SDM dimiliki masih rendah
  2. Kemampuan management operasional dalam pembangunan kepariwisataan masih rendah.
  3. Kurangnya deregulasi kebijakan dan law enforcement masih rendah
  4. Belum terbangunnya sinergitas pemasaran pariwisata
  5. Masih rendahnya standarisasi destinasi pariwisata.

 

 Tabel 3.1

Analisis faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal

Dengan persfektif Balance Scorecard

 

 

 

PERSPEKTIF

 

  1. FAKTOR INTERNAL

1. KEKUATAN (S)

2. KELEMAHAN (W)

PELANGGAN/ CUSTOMER

Jumlah SDM memadai

Kualitas SDM masih rendah

PROSES INTERNAL ORGANISASI

Tersedianya TUPOKSI

Management operasional belum optimal

INOVASI DAN PERKEMBANGAN

Tersedianya sarana dan prasarana

Kompetensi dan inovasi SDM masih rendah

KEUANGAN/ FINANSIAL

Sistem dan prosedur keuangan

Anggaran belum memadai

     

PERSPEKTIF

 

B. FAKTOR EKSTERNAL

1. PELUANG (O)

2. ANCAMAN  (T)

PEMANGKU KEPENTINGAN

Terdapatnya industri dan masyarakat pariwisata

Daya saing pariwisata yang semakin rendah

KEBIJAKAN PEMERINTAH/LEGALITAS

Deregulasi, kebijakan pembangunan pariwisata

Pembangunan pariwisata yang tidak memenuhi standar  dan keberlanjutan tidak tercapai

PERKEMBANGAN POLEKSUDBUD DAN IPTEK

Pembangunan pariwisata yang berbudaya

Daya tarik pariwisata dan kunjungan wisatawan menurun

PERKEMBANGAN GLOBALISASI

Minat wisatawan berkunjung

Keamanan, kesehatan, krisis moneter dan kebijakan Negara wisatawan

 

 

BAB IV

VISI, MISI, TUJUAN

DAN SASARAN STRATEGIS DAN KEBIJAKAN

 

4.1         Visi dan Misi Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar  

Visi adalah gambaran keadaan dan karakteristik   yang ingin dicapai oleh  suatu organisasi pada masa yang akan datang.   Visi akan membawa dan mengarahkan tumbuh

dan berkembangnya Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar   untuk kurun waktu 5 (lima) tahun kedepan.

 Berkaitan dengan hal itu untuk kurun waktu 2013 – 2018. Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar menetapkan visi sebagai berikut

 

Terwujudnya pariwisata budaya yang berkualitas, berdaya saing, berkelanjutan, dan sejatera “

 

Dalam Visi diatas terkandung kalimat   Pariwisata Budaya,  Berkualitas, Berdaya Saing, Berkelanjutan, dan Sejahtera mengandung pengertian:

(1)    Pariwisata Budaya adalah adalah pariwisata kabupaten Gianyar yang dalam pengembangannya, memandang kebudayaan Bali sebagai potensi utama dan pembangunan

pariwisata Gianyar harus mampu melestarikan, memperkuat, dan mengembangkan kebudayaan Bali.

(2)    Berkualitas adalah pariwisata kabupaten Gianyar harus mampu mewujudkan kualitas hidup ”quality of life” masyarakat lokal, padasisi yang lainnya pariwisata harus

mampu memberikan kualitas berusaha ”quality of opportunity” kepada para penyedia jasa dalam industry pariwisata dan sisi berikutnya dan menjadi yang terpenting adalah

terciptanya kualitas pengalaman wisatawan ”quality of experience”.

(3)    Berdaya saing adalah pariwisata kab. Gianyar yang mampu meningkatkan nilai tawar,sejajar dan sederajat dengan pariwisata daerah lain dengan mengandalkan pada

kemampuan dan kekuatan sendiri didukung dengan konsistensi atas kualitas barang dan pelayanan jasa.

(4)     Pariwisata kabupaten Gianyar yang berkelanjutan adalah pembangunan pariwisata harus dapat dibangun dengan melibatkan masyarakat lokal, visi pembangunan

pariwisata mestinya dirancang berdasarkan ide masyarakat lokal dan untuk kesejahteraan masyarakat lokal . Pengelolaan kepariwisataan yang telah dibangun mestinya

juga melibatkan masyarakat lokal  sehingga masyarakat lokal  akan merasa memiliki rasa memiliki untuk perduli terhadap keberlanjutan pariwisata. Masyarakat lokal  harusnya

menjadi pelaku bukan menjadi penonton.

(5)    Sejahtera mengandung pengertian pariwisata Kabupaten Gianyar harus mampu meningkatkan sejahtera secara sosial dan sejahtera secara ekonomi. Sejahtera

secara sosial mengandung pengertian meningkatnya indeks kebahagian masyarakat dan pengertian sejahtera secara ekonomi meningkatnya pendapatan masyarakat.

Untuk mewujudkan visi ini maka ditetapkan misi antara lain:

  1. mewujudkan Pariwisata Gianyar yang berwawasan pelestarian budaya, alam/lingkungan serta berorientasi pada pemberdayaan masyarakat;
  2. mewujudkan Pariwisata Gianyar yang berstandar internasional didukung oleh sumber daya manusia, destinasi, industri dan kelembagaan pariwisata yang berkualitas;
  3. mewujudkan Pariwisata Gianyar yang sistimatis, terencana, terpadu, berkelanjutan yang terintegrasi dengan alam/lingkungan, nilai-nilai agama, budaya, dan manusia; dan
  4. mewujudkan Pariwisata Gianyar yang berorientasi pada peningkatan pendapatan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat Gianyar.

 

4.2         Tujuan dan Sasaran Jangka Menengah (tahun2013-2018) Dinas Pariwisata Gianyar.

    Untuk keberhasilan visi dan misi yang telah ditetapkan tersebut, selanjutnya ditetapkan tujuan dan sasaran yang akan dicapai Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar

dalam pengembangan kepariwisataan Daerah.  Tujuan dan sasaran dari masing-masing misi dijabarkan sebagai berikut:

4.2.1    Tujuan

Tujuan  Pembangunan Kepariwisataan Daerah adalah:

  1. mewujudkan pariwisata budaya yang bersih, hijau, berdasarkan penerapan rencana tata ruang secara konsisten dan berwawasan pelestarian budaya, alam/lingkungan
  2. dan pemberdayaan masyarakat berbasis desa pakraman, subak dan lembaga/institusi-institusi yang telah ada dalam menjaga adat, budaya, dan agama;
  3. meningkatkan pengelolaan pembangunan Destinasi Pariwisata Daerah; Daya Tarik Wisata; Aksesibilitas Pariwisata; Prasarana dan Fasilitas Pariwisata;
  4. Pemasaran Pariwisata, Kelembagaan Kepariwisataan; dan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Kepariwisataan;
  5. mewujudkan pariwisata budaya yang hamonis antara manusia dengan alam/lingkungan, agama, adat dan budaya; dan
  6. mewujudkan pariwisata budaya yang sinergis dengan sektor pertanian, perkebunan, kehutanan, perikanan kelautan, industri, perdagangan, dan sektor ekonomi lainnya
  7. guna meningkatkan pendapatan dan pertumbuhan ekonomi daerah.

4.2.2    Sasaran

Sasaran Pembangunan Kepariwisataan Daerah adalah:

  1. peningkatan aksesibilitas, sarana prasarana dan fasilitas pariwisata yang sesuai dengan rencana tata ruang dan pelestarian budaya, serta alam/lingkungan;        
  2. peningkatan jumlah kunjungan dan lama tinggal wisatawan;
  3. peningkatan pemberdayaan masyarakat dan pelaku usaha di bidang kepariwisataan daerah; dan
  4. peningkatan investasi di bidang kepariwisataan daerah.

4.3  Arah Kebijakan dan Strategi

4.3.1   Arah Kebijakan :

Arah Kebijakan Pembangunan Kepariwisataan Daerah meliputi:

  1. pembangunan kepariwisataan daerah yang berstandar internasional berbasis pemberdayaan masyarakat, berkelanjutan dan terpadu antar sektor;
  2. pembangunan kepariwisataan daerah yang mengutamakan keunggulan kawasan lokal yang sesuai dengan prioritas pengembangan pariwisata Bali dan Nasional;
  3. pengembangan DTW yang berbasis pada daya tarik budaya, alam/lingkungan yang berlandaskan pada keharmonisan antara manusia, alam/lingkungan dan budaya/
  4. agama; dan
  5. pembangunan kepariwisataan daerah yang berorientasi pada pemerataan pertumbuhan ekonomi wilayah, peningkatan kesempatan kerja, pengurangan
  6. kemiskinan dan pelestarian budaya dan alam/lingkungan;

4.3.2 Strategi :

Strategi pengembangan kepariwisataan daerah meliputi:

  1. pengembangan destinasi pariwisata daerah;

Pengembangan destinasi pariwisata daerah sebagaimana dimaksud meliputi:

(1)  destinasi pariwisata yang aman, nyaman, menarik, mudah dicapai, berwawasan lingkungan;

(2)  daya tarik wisata atau destinasi wisata yang secara kewilayahan ataupun berada di wilayah dari satu atau lebih Desa Pakraman maka daya tarik ataupun destinasi

pariwisata dimaksud menjadi bagian integral dari Desa Pakraman;

(3)  wisatawan maupun yang berada dikewilayahan atau wilayah Desa Pakraman mematuhi tradisi, adat dan budaya masyarakat setempat; dan

(4)  pengusaha pariwisata yang usahanya berada atau berkedudukan disuatu Desa Pakraman wajib menjunjung tinggi norma-norma yang berlaku di Desa Pakraman setempat.

 

  1. pengembangan pemasaran pariwisata daerah;

Pengembangan pemasaran pariwisata daerah meliputi:

(1)  pemasaran pariwisata yang sinergis, unggul, dan bertanggung jawab untuk meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara; dan

(2)  pemasaran pariwisata dilaksanakan secara terpadu, sinergis antara pemerintah, swasta dan masyarakat.

  1. pengembangan industri pariwisata daerah;

Pengembangan industri pariwisata daerah meliputi:

(1)   Industri pariwisata yang berdaya saing, kredibel, menggerakkan kemitraan usaha, dan peduli terhadap lingkungan alam dan sosial budaya; dan

(2)   Industri pariwisata dikembangkan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi daerah, peningkatan kesempatan kerja, pengurangan kemiskinan dan kesejahteraan

masyarakat. 

  1. pengembangan kelembagaan pariwisata daerah.

Pengembangan kelembagaan pariwisata daerah meliputi organisasi kepariwisataan pemerintah daerah, swasta dan masyarakat yang efektif dan efisien dalam rangka

mendorong terwujudnya pembangunan kepariwisataan yang berkelanjutan.

Kebijakan pembangunan kelembagaan pariwisata daerah meliputi:

  • penguatan organisasi kepariwisataan;
  • pengembangan SDM pariwisata;
  • penyelenggaraan penelitian dan pengembangan; dan
  • penguatan kelembagaan pariwisata daerah.

Prioritas pengembangan kelembagaan pariwisata daerah meliputi:

v  memperkuat sarana dan prasara kelembagaan pengelola kepariwisataan; dan

v  pengembangan SDM kelembagaan dengan sertifikasi dan berstandar internasional;

 

 

BAB V

RENCANA PROGRAM DAN KEGIATAN, INDIKATOR KINERJA

DAN PENDANAAN INDIKATIF

 

5.1         . Program dan Kegiatan Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar

Berbagai program dilaksanakan untuk mencapai tujuan dan sasaran Rencana program dan kegiatan yang disusun mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri

No.13 Tahun 2006 yang kemudian diubah menjadi peraturan Menteri Dalam Negeri No.59 Tahun 2007 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah, Perda

No.1 Tahun 2008 tetang Urusan Pemerintah Daerah Provinsi Bali, Perda No 4 Tahun 2011 tentang Organisasi dan Tata Kerja Perangkat Daerah Provinsi Bali.

Adapun Program dan kegiatan yang Dinas Pariwisata yang akan dilaksanakan dalam kurun waktu 5 tahun adalah sebagai berikut :

  1. A.   Program Pelayanan Administrasi Perkantoran

Kegiatan :

  1. Penyediaan jasa adminsitrasi keuangan / perkantoran
  2. B.    Program Peningkatan Sarana/Prasarana Aparatur

Kegiatan :

  1. Pengadaan peralatan gedung kantor
  2. Pemeliharaan rutin/berkala gedung kantor
  3. Pemeliharaan rutin/berkala kendaraan dinas/operasional
  4. Pemeliharaan rutin/berkala peralatan gedung kantor
  1. C.  Program Pengembangan Pemasaran Pariwisata

Kegiatan :

  1. Pelaksanaan Promosi Pariwisata Nusantara di Dalam dan di Luar Negeri
  2. Pengembangan data analisa pasar pariwisata
  3. Pelaksanaan kerjasama pariwisata Bimtek/Ujian Pemandu Wisata/Pramuwisata
  4. D.   Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Pariwisata

Kegiatan :

  1. Perbaikan Fasilitas Obyek Wisata
  2. E.    Program Pengembangan Kemitraan

Kegiatan :

  1. Pengembangan dan penguatan informasi dan database
  2. Pelaksanaan Koordinasi Pembangunan Kemitraan Pariwisata
  3. Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Profesionalisme Bidang Pariwisata
  4. Peningkatan Peran Serta Masyarakat dalam Pengembangan Kemitraan Pariwisata
  5. Pembinaan dan pengawasan retribusi obyek wisata
  6. Pelaksanaan Lomba Cipta Award, Sapta Pesona dan THK Award
  7. Pengendalian dan pembinaan Ijin Usaha Sarana Pariwisata
  8. F.    Program pengembangan jaringan pelayanan informasi pariwisata

Kegiatan :

  1. Peningkatan jaringan sarana pelayanan informasi pariwisata

 

5.2         . Indikator Kinerja dan Pendanaan Indikatif

Pencapaian indikator kinerja merupakan cerminan misi dalam wujud yang lebih konkrit dan dapat diukur. Indikator tersebut terdiri dari indikator ekonomi dan indikator

sosial yang selanjutnya merupakan acuan dalam rangka mewujudkan visi Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar. Memperhatikan hal tersebut di atas maka indikator yang

ingin dicapai adalah sebagai berikut :

2.1             Peningkatan rata-rata lama tinggal wisatawan  melalui pembinaan dan peningkatan kualitas destinasi pariwisata.

2.2             Peningkatan jumlah kunjungan wisatawan melalui peningkatan kualitas pemasaran pariwisata baik di dalam negeri maupun ke luar negeri yang

diarahkan pada pasar utama dan upaya pengembangan pasar potensial

2.3             Peningkatan pengeluaran wisatawan melalui pembinaan usaha dan jasa pariwisata serta industri pariwisata yang mampu menggerakkan dan meningkatkan

perekonomian daerah

2.4             Peningkatan jumlah kelompok sadar wisata melalui pengembangan kualitas sumber daya manusia pariwisata melalui tata kelola kelembagaan yang

bersinergis dengan pembangunan destinasi pariwisata yang berkelanjutan.

Untuk melaksanakan program dan kegiatan yang disusun dalam rangka mewujudkan Visi Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar, diperlukan pendanaan indikatif sebagaimana

terdapat pada lampiran tabel 5.1.

BAB VI

INDIKATOR KINERJA DINAS PARIWISATA

 

Penetapan indikator kinerja Dinas Pariwisata bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai ukuran pencapaian visi dan misi Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar dan

pelaksanaan program dan kegiatan yang sudah dilaksanakan sampai dengan tahun 2013 dan akan dilaksanakan selama 5 (lima) tahun kedepan oleh Dinas   Pariwisata

Kabupaten Gianyar.

Indikator Kinerja SKPD pada Renstra Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar Tahun 2013-2018 dirumuskan berdasarkan hasil analisis pengaruh dari satu atau lebih

indicator capaian kinerja program (outcame) terhadap tingkat capaian indikator Kinerja SKPD berkenaan.

Penetapan indikator kinerja Dinas Pariwisata terhadap capaian kinerja urusan Pariwisata Kabupaten Gianyar Tahun 2013-2018 dijelaskan pada tabel 6.1 sebagaimana terlampir.

 

BAB VII

P E N U T U P

 

Rencana Stratejik (Renstra) Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar Tahun 2013-2018 adalah dokumen perencanaan untuk periode 5 tahunan merupakan penjabaran dari

visi dan misi serta program Kepala Daerah yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Gianyar Tahun 2013-2018. Hal ini

sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang

Pemerintahan Daerah.

Recana Stragis (Renstra) Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar dibuat  sebagai pedoman dalam menyusun Rencana Kerja (Renja) Dinas  Pariwisata Kabupaten Gianyar

dalam bentuk program dan kegiatan tahunan dan sebagai alat ukur dalam rangka mengevaluasi kegiatan dilingkungan Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar. Selain itu

disusunnya Renstra Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar diharapkan dapat menciptakan perencanaan yang sinergis terpadu serta terintegrasi antara pemerintah, dan

pelaku pariwisata.

Oleh karena itu dalam pembangunan pariwisata ke depan dibutuhkan koordinasi dan komunikasi yang intensif serta komitmen yang kuat dari seluruh komponen

Pariwisata  Bali,  khususnya Gianyar untuk mewujudkan satu destinasi pariwisata yang berkualitas.

 

 

 

 

                                       
                                       
Tabel 2.2
Anggaran dan Realisasi Pendanaan Pelayanan Dinas Pariwisata
Kabupaten Gianyar
                                       
No Uraian Anggaran pada Tahun ke- Realisasi Anggaran pada Tahun ke- Rasio antara Realisasi dan Anggaran Tahun ke- Rata-rata Pertumbuhan
1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 Anggaran Realisasi
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19
1   Pelayanan administrasi perkantoran                                  
  - Penyediaan jasa adminsitrasi keuangan / perkantoran 1,077,868,143 893,452,470 741,318,645 1,058,649,845 1,368,797,445 978,866,217 713,586,867 674,904,861 930,931,456 1,187,372,721 1:1 1:1 1:1 1:1 1:1 72,732,326 52,126,626
                                       
2   Peningkatan sarana dan prasarana aparatur                                  
  - Pengadaan perlengkapan gedung kantor 18,000,000         17,880,000         1:1         18,000,000 17,880,000
  - Pengadaan peralatan gedung kantor 11,500,000   56,400,000 14,000,000 143,205,400 11,400,000   55,200,000 13,900,000 140,254,650 1:1   1:1 1:1 1:1 32,926,350 32,213,663
  - Pemeliharaan rutin/berkala gedung kantor     14,571,530 6,855,500 15,000,000     14,406,000 6,855,500 14,960,000     1:1 1:1 1:1 214,235 277,000
  - Pemeliharaan rutin/berkala kendaraan dinas/operasional 78,107,000 55,177,900 69,177,900 73,177,900 149,080,000 78,107,000 55,177,000 68,641,800 69,295,000 147,149,690 1:1 1:1 1:1 1:1 1:1 17,743,250 17,260,673
  - Pemeliharaan rutin/berkala peralatan gedung kantor     3,551,000 3,551,000 8,600,000     3,551,000 3,551,000 8,600,000     1:1 1:1 1:1 2,524,500 2,524,500
                                       
3   Program peningkatan sarana dan prasarana pariwisata                                  
  - Perbaikan Fasilitas Obyek Wisata 11,838,000 183,000,000 167,942,000 1,180,435,600 1,651,342,000 10,704,000 180,860,600 165,634,320 1,148,823,000 1,605,348,400 1:1 1:1 1:1 1:1 1:1 409,876,000 398,661,100
  - Peningkatan Sarana Pengamanan Pantai 18,220,000         18,061,000         1:1         18,220,000 18,061,000
                                       
4   Program pengembangan pemasaran pariwisata                                  
  - Peningkatan pemanfaatan teknologi informasi dalam pemasaran pariwisata 45,440,000         45,054,215         1:1         45,440,000 45,054,215
  - Pelaksanaan promosi pariwisata nusantara di dalam dan di luar negeri 128,550,000 107,900,000 231,976,500 312,414,000 529,565,000 123,025,000 107,260,000 214,816,500 312,312,000 287,030,880 1:1 1:1 1:1 1:1 1:1 100,253,750 41,001,470
  - Pelatihan Pemandu Wisata Terpadu     0   75,215,000     0   75,215,000         1:1 75,215,000 75,215,000
  - Pengembangan data analisa pasar pariwisata         17,500,000         17,484,950         1:1 17,500,000 17,484,950
  - Pelaksanaan kerjasama pariwisata     110,237,000 178,712,000 332,239,000     109,874,500 178,477,000 332,195,250     1:1 1:1 1:1 111,001,000 111,160,375
                                       
5   Program Pengembangan Destinasi Pariwisata                                  
  - Penyusunan Draf Ranperda RIPPDA dan Draf RIPPDA Kabupaten Gianyar         155,520,000         155,397,610         1:1 155,520,000 155,397,610
                                       
6   Program pengembangan jaringan pelayanan informasi pariwisata                                  
  - Peningkatan jaringan sarana pelayanan informasi pariwisata   28,150,000 48,359,600 52,109,600 68,560,000   27,339,569 43,696,327 47,541,786 61,630,411   1:1 1:1 1:1 1:1 13,470,000 11,430,281
                                       
7   Program pengembangan kemitraan                                  
  - Pengembangan dan penguatan informasi dan database 7,320,000 20,000,000 35,000,000 41,571,530 148,192,000 6,370,000 20,000,000 34,559,200 41,571,530 147,276,150 1:1 1:1 1:1 1:1 1:1 35,218,000 35,226,538
  - Pelaksanaan koordinasi pembangunan kemitraan pariwisata 193,982,000 243,350,000 454,060,000 557,395,000 729,735,000 192,776,300 242,959,000 442,961,000 546,770,000 524,477,750 1:1 1:1 1:1 1:1 1:1 133,938,250 82,925,363
  - Pengembangan sumber daya manusia dan profesionalisme bidang pariwisata 26,124,000 40,150,500 68,561,760 119,074,400 257,574,400 26,124,000 40,150,500 68,560,760 117,574,400 257,335,110 1:1 1:1 1:1 1:1 1:1 57,862,600 57,802,778
  - Peningkatan peran serta masyarakat dalam pengembangan pariwisata 20,545,000   14,433,800 14,433,800 88,233,000 20,545,000   14,433,800 14,488,800 87,610,650 1:1   1:1 1:1 1:1 16,922,000 16,766,413
  - Pembinaan dan pengawasan retribusi obyek wisata 56,580,000 290,650,000 100,399,000 73,759,000 63,018,300 55,425,000 286,547,939 100,389,000 73,759,000 63,018,300 1:1 1:1 1:1 1:1 1:1 1,609,575 1,898,325
  - Pelaksanaan Lomba Cipta Award, Sapta Pesona dan THK Award     13,421,500 13,421,500 28,421,000     13,421,500 13,421,500 28,419,000     1:1 1:1 1:1 7,499,750 7,498,750
  - Pengendalian dan pembinaan Ijin Usaha Sarana Pariwisata         25,000,000         24,839,500         1:1 25,000,000 24,839,500
  - Peringatan Hari Pariwisata Internasional         160,618,125         135,548,000         1:1 160,618,125 135,548,000
  - Pembinaan dan pelayanan perizinan secara aktif 5,000,000         4,950,000         1:1         5,000,000  
                                       
                                       
                              Gianyar, 1 Juli 2013    
                              Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar
                                       
                                       
                                       
                                       
                              A.A Bagus Ari Brahmanta, SE  
                              Pembina Tk. I      
                              NIP. 19620831 198509 1 001  

 

2 Meningkatkan pengelolaan pembangunan Destinasi Pariwisata Daerah; Daya Tarik Wisata; Aksesibilitas Pariwisata; Prasarana dan Fasilitas Pariwisata;; Pemasaran Pariwisata, Kelembagaan Kepariwisataan; dan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Kepariwisataan;  2 Peningkatan jumlah kunjungan dan lama tinggal wisatawan di Kabupaten Gianyar Prosentase peningkatan jumlah kunjungan di obyek wisata yang dikelola pemerintah dan lama tinggal wisatawan di Kabupaten Gianyar  5%    5%    5% dan 2.5 hari   5% dan 2,5 hari   5% dan   3 hari 
        Jumlah keterlibatan masyarakat dalam mengelola DTW 100 orang - 100 orang 100 orang 200 orang
           3 event   3 event   4 event   6 event   3 event 
3 Mewujudkan pariwisata budaya yang hamonis antara manusia dengan alam/lingkungan, agama, adat dan budaya     Peningkatan kapasitas dan kapabilitas masyarakat dan pelaku usaha pariwisata dalam pembangunan kepariwisataan 5% 5% 5% 5% 5%
Tabel 5.1    
RENCANA PROGRAM DAN KEGIATAN, INDIKATOR KINERJA, KELOMPOK SASARAN, DAN PENDANAAN INDIKATIF    
DINAS PARIWISATA KABUPATEN GIANYAR
 
Tujuan Sasaran Strategis Indikator Sasaran Program dan Kegiatan Indikator
Kinerja Program
(outcome) dan Kegiatan (output)
 Kondisi kinerja awal RPJMD (2012)
pada Awal RPJMD
(2013) 
Capaian Kinerja Program dan Kerangka Pendanaan (dalam jutaan rupiah)  Unit Kerja SKPD Penanggung jawab   Lokasi 
Tahun - 1 Tahun - 2 Tahun - 3 Tahun - 4 Tahun - 5 Kondisi Kinerja pada akhir periode Renstra SKPD
Target  Rp   Target  Rp   Target  Rp   Target  Rp   Target  Rp   Target  Rp  
1 2 3 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21
                                             
Meningkatkan kualitas SDM Aparatur dalam pelayanan publik dan meningkatkan sarana dan prasarana 1 Meningkatnya kepuasan masyarakat terhadap Pelayanan Publik Peningkatan kualitas pelayanan administrasi keuangan/ perkantoran 1 Pelayanan administrasi perkantoran 1 Peralatan dan Perlengkapan administrasi Kantor dalam kondisi baik 1 paket 1 paket      1,357 1 paket          1,397 1 paket      1,439 1 paket          1,482 1 paket        1,527 1 paket          1,573  DIPARDA   Kab. Gianyar 
      - Penyediaan jasa adminsitrasi keuangan / perkantoran - Lancarnya pelayanan kepegawaian 1 paket 1 paket      1,357 1 paket          1,397 1 paket      1,439 1 paket          1,482 1 paket        1,527 1 paket          1,573    
      Peningkatan jumlah sarana dan prasarana operasional perkantoran 2 Peningkatan sarana dan prasarana aparatur 1 Persentase ruangan/gedung dan fasilitas perkantoran kondisi baik 100% 100%           294 100%              338 100%          389 100%              447 100%            514 100%          1,758  DIPARDA   Kab. Gianyar 
        - Pengadaan peralatan gedung kantor - Tersedianya perlatan gedungkantor yng baik 1 paket 1 paket              85 1 paket                 88 1 paket             91 1 paket                 93 1 paket               96 1 paket              454    
        - Pengadaan kendaraan dinas / operasional - Tersedianya kendaraan dinas/operasional       0                    -   5 unit          100 7 unit              160 5 unit            100 17 unit              360    
        - Pemeliharaan rutin/berkala gedung kantor - Terjaganya kondisi dan umur ekonomis bangunan/gedung kantor 1 unit 1 unit              15 1 unit                 16 1 unit             16 1 unit                 17 1 unit               17 1 unit                 82    
        - Pemeliharaan rutin/berkala kendaraan dinas/operasional - Lancarnya mobilitas aparatur Dinas Pariwisata 8 unit kendaraan roda 2 dan 2 unitroda 4 7 unit kendaraan roda 2 dan 3 unit roda 4           153 4 unit kendaraan roda 2 dan 4 unit roda 4              158 11 unit kendaraan roda 2 dan 4 unit roda 4          163 18 unit kendaraan roda 2 dan 4 unit roda 4              168 23 unit kendaraan roda 2 dan 4 unit roda 4            173 23 unit kendaraan roda 2 dan 4 unit roda 4              815    
        - Pemeliharaan rutin/berkala peralatan gedung kantor - Peralatan gedung kantor dapat beroperasi dengan baik 1 paket 1 paket                 9 1 paket                    9 1paket                9 1 paket                 10 1 paket               10 1 paket                 47    
Mewujudkan pariwisata budaya yang bersih, hijau berdasarkan penerapan rencana tata ruang secara konsisten dan berwawasan pelestarian budaya, alam/lingkungan dan pemberdayaan masyarakat berbasis desa pekraman, subak dan lembaga/institusi-institusi yang telah ada dalam menjaga adat, budaya, dan agama 2 Peningkatan investasi di bidang kepariwisataan daerah. Prosentase peningkatan kualitas sarana dan prasarana 3 Program peningkatan sarana dan prasarana pariwisata 2 Meningkatnya kualitas sarana dan prasarana pariwisata daerah Gianyar 18% 18%      1,672 18%          1,722 18%      1,773 18%          1,827 18%        1,881 90%          1,938  DIPARDA   Kab. Gianyar 
      - Perbaikan Fasilitas Obyek Wisata - Meningkatnya kualitas sarana dan prasarana pariwisata di 8 obyek wisata 18% 18%      1,672 18%          1,722 18%      1,773 18%          1,827 18%        1,881 90%          1,938  DIPARDA   Kab. Gianyar 
    Peningkatan jumlah destinasi pariwisata yang terbangun 4 Program pengembangan destinasi pariwisata 3 Terwujudnya penguatan DTW di Kabupaten Gianyar       4 dokumen   5 dokumen   6 dokumen   4 dokumen   19 dokumen    DIPARDA   Kab. Gianyar 
    - Penyusunan Rencana Pengembangan Daerah Tujuan Wisata - Tersusunnya Dokumen Rencana Pengembangan Destinasi        1 dokumen   2 dokumen   2 dokumen   1 dokumen   6 dokumen    DIPARDA   Kab. Gianyar 
      - Penyusunan Rencana Pengembangan Potensi  Pariwisata - Tersusunnya Dokumen Rencana pengembangan potensi pariwisata di Kabupaten Gianyar       1 dokumen   1 dokumen   2 dokumen   1 dokumen   5 dokumen    DIPARDA   Kab. Gianyar 
        - Pengembangan, sosialisasi, dan penerapan serta pengawasan standarisasi - Tersusunnya regulasi tentang kepariwisataan dan terwujudnya pemahaman masyarakat tentang regulasi kepariwisataan       2 dokumen   2 dokumen   2 dokumen   2 dokumen   8 dokumen    DIPARDA   Kab. Gianyar 
                                             
meningkatkan pengelolaan pembangunan Destinasi Pariwisata Daerah; Daya Tarik Wisata; Aksesibilitas Pariwisata; Prasarana dan Fasilitas Pariwisata;; Pemasaran Pariwisata, Kelembagaan Kepariwisataan; dan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Kepariwisataan;  3 peningkatan jumlah kunjungan dan lama tinggal wisatawan;  Prosentase Peningkatan jumlah kunjungan wisatawan dan lama tinggal wisatawan di Kabupaten Gianyar 4 Program pengembangan pemasaran pariwisata 1 Meningkatnya pendapatan perkapita masyarakat 5% 5%           436 5%              449 5%          463 5%              476 5%            491 25%              505  DIPARDA   Kab. Gianyar 
    - Pelaksanaan promosi pariwisata nusantara di dalam dan di luar negeri - Terlaksananya promosi pariwisata di dalam dan luar negeri 4 kali pameran 4 kali           133 4 kali              137 4 kali          141 4 kali              145 4 kali            150 20 kali pameran              705    
    Jumlah keterlibatan masyarakat dalam mengelola DTW - Pelatihan Pemandu Wisata Terpadu - Terlatihnya 500 orang pemandu wisata lokal yang ada di obyek wisata di Kabupaten Gianyar   100 orang              77 100 orang                 82 -                -   100 orang                 84 200 orang            160 100%              404    
      - Pengembangan data analisa pasar pariwisata - Tersedianya data analisa pasar pariwisata   100 buku              18 100 buku                 19 100 buku             19 100 buku                 20 100 buku               20 100 buku                 96    
      - Pelaksanaan kerjasama pariwisata - Terlaksananya event-event kepariwisataan kerjasama dengan stakeholder kepariwisataan 3 event 3 event           285 3 event              293 4 event          302 6 event              311 3 event            320 19 event          1,511    
Mewujudkan pariwisata budaya yang hamonis antara manusia dengan alam/lingkungan, agama, adat dan budaya 5 Peningkatan pemberdayaan masyarakat dan pelaku usaha di bidang kepariwisataan daerah;  Peningkatan kapasitas dan kapabilitas masyarakat dan pelaku usaha pariwisata dalam pembangunan kepariwisataan 5 Program pengembangan kemitraan 1 Terbangunnya pola kemitraan antara pemerintah, masyarakat dan pelaku usaha pariwisata 100% 100%      1,134 100%          1,168 100%      1,204 100%          1,240 100%        1,277 100%          6,023  DIPARDA   Kab. Gianyar 
                                   
      - Pengembangan dan penguatan informasi dan database - Terwujudnya buku Potensi Pariwisata, jumlah kunjungan dan lama tinggal wisatawan di Kabupaten Gianyar 120 buku 120 buku           153 100 buku              157 100 buku          162 100 buku              167 100 buku            172 520 buku              810  DIPARDA   
        - Pelaksanaan koordinasi pembangunan kemitraan pariwisata - Terwujudnya sapta pesona di kawasan DTW 18% 18%           731 18%              753 18%          776 18%              799 18%            823 90%          3,881  DIPARDA   7 obyek wisata 
        - Pengembangan sumber daya manusia dan profesionalisme bidang pariwisata - Tersedianya duta wisata di Kabupaten Gianyar 1 pasang 1 pasang           116 1 pasang              119 1 pasang          123 1 pasang              127 1 pasang            131 5 pasang              616  DIPARDA   Kab. Gianyar 
        - Peningkatan peran serta masyarakat dalam pengembangan pariwisata - Terbinanya masyarakat dan pelaku pariwisata di Kabupaten Gianyar 1 kelompok 1 kelompok              30 1 kelompok dan 4 desa wisata                 31 1 kelompok              32 1 kelompok                  33 1 kelompok                34 1 kelompok dan 4 desa wisata              161  DIPARDA   Kab. Gianyar 
        - Pembinaan dan pengawasan retribusi obyek wisata - Tercapainya target penerimaan retribusi obyek wisata yang dikelola pemerintah 100% 100%              65 100%   100%   100%                 71 100%               73 500%              209  dIPARDA   5 obyek wisata 
        - Monitoring, Evaluasi dan pelaporan - Tersedianya dokumen laporan perkembangan kegiatan dan program kepariwisataan       1 dokumen              165 1 dokumen          165 1 dokumen              165 1 dokumen            165 4 dokumen              660  dIPARDA   Kab. Gianyar 
        - Pelaksanaan Lomba Cipta Award, Sapta Pesona dan THK Award - Terbinanya DTW yang siap untuk mengikuti lomba dibidang kepariwisataan 1 DTW 1 DTW              14 1 DTW                 14 1 DTW             15 1 DTW                 15 1 DTW               16 5 DTW                 73  DIPARDA   Kab. Gianyar 
        - Pengendalian dan pembinaan Usaha  Pariwisata - Terbinanya usaha pariwisata di Kabupaten Gianyar   200 usaha              26 200 usaha                 27 200 usaha             27 200 usaha                 28 200 usaha               29 1000 usaha              137  DIPARDA   Kab. Gianyar 
        - Peringatan Hari Pariwisata Internasional - Terlaksananya peringatan Hari Pariwisata Internasional 1 keg 1 keg           165         1 keg   1 keg            185 3 keg              350  DIPARDA   Kab. Gianyar 
        6 Program pengembangan jaringan pelayanan informasi pariwisata 1 Jumlah pelayanan informasi pariwisata 5% 5%              71 5%                 73 5%             75 5%                 77 5%               79 25%              532  DIPARDA   Kab. Gianyar 
      - Peningkatan jaringan sarana pelayanan informasi pariwisata - Terciptanya pelayanan informasi pariwisata 5% 5%              79 5%                 91 5%          104 5%              120 5%            138 5%              532  DIPARDA   Kab. Gianyar 
                                             
                                  Gianyar,  Mei 2016        
                                  Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar    
                                             
                                             
                                  Anak Agung Dalem Jagadhita, SH      
                                  Pembina Tk. I        
                                  NIP. 19640926 199403 1 002      
1 Meningkatnya kualitas sarana dan prasarana pariwisata di 8 obyek wisata 18% 18% 18% 18% 18% 18% 90%
2 Tersusunnya dokumen Rencana Pengembangan Destinasi - - 1 dokumen 2 dokumen 2 dokumen 1 dokumen 6 dokumen
3 Tersusunnya dokumen Rencana Pengembangan Potensi pariwisata di Kabupaten Gianyar - - 1 dokumen 1 dokumen 2 dokumen 1 dokumen 5 dokumen
4 Tersusunnya regulasi tentang kepariwisataan dan terwujudnya pemahaman masyarakat tentang regulasi kepariwisataan - - 2 dokumen 2 dokumen 2 dokumen 2 dokumen 8 dokumen
5 Terlaksananya promosi pariwisata di dalam dan di luar negeri 4 kali pameran 4 kali pameran 4 kali pameran 4 kali pameran 4 kali pameran 4 kali pameran 20 kali pameran
6 Terlatihnya 500 orang pemandu wisata lokal yang ada di obyek wisata di Kabupaten Gianyar   100 orang 100 orang   100 orang 200 orang 500 orang
7 Tersedianya 1 dokumen (500 buku) analisa pasar pariwisata   100 buku 100 buku 100 buku 100 buku 100 buku 500 buku
8 Terlaksananya event-event kepariwisataan kerjasama dengan stakeholder kepariwisataan 3 event 3 event 3 event 4 event 6 event 3 event 16 event
9 Tersedianya buku direktori data potensi pariwisata, jumlah kunjungan dan lama tinggal wisatawan di Kabupaten Gianyar 120 buku 120 buku 100 buku 100 buku 100 buku 100 buku 520 buku
10 Terwujudnya sapta pesona di kawasan DTW 18% 18% 18% 18% 18% 18% 90%
11 Tersedianya  duta wisata di Kabupaten Gianyar 1 pasang 1 pasang 1 pasang 1 pasang 1 pasang 1 pasang 5 pasang
12 Terbentuknya lembaga atau organisasi kepariwisataan di Kabupaten Gianyar              
13 Terbinanya masyarakat dan pelaku pariwisata di Kabupaten Gianyar 1 kelompok 1 kelompok 1 kelompok 1 kelompok 1 kelompok 1 kelompok 2 kelompok
14 Terbinanya SDM bidang pariwisata di Kabupaten Gianyar              
15 Tercapainya target penerimaan retribusi obyek wisata yang dikelola pemerintah 100% 100% 100% 100% 100% 100% 500%
16 Tersedianya dokumen laporan perkembangan program dan kegiatan kepariwisataan     1 dokumen 1 dokumen 1 dokumen 1 dokumen 4 dokumen
17 Terbinanya DTW yang siap untuk mengikuti lomba dibidang kepariwisataan 1 DTW 1 DTW 1 DTW 1 DTW 1 DTW 1 DTW 5 DTW
18 Terbinanya usaha pariwisata di Kabupaten Gianyar 200 usaha 200 usaha 200 usaha 200 usaha 200 usaha 200 usaha 1000 usaha
19 Terlaksananya peringatan Hari Pariwisata Internasional   1 kegiatan     1 kegiatan 1 kegiatan 3 kegiatan

 

 

 

 

Rate this item
(0 votes)
Login to post comments
In legends, Legong is the heavenly dance of divine nymphs. Of all classical Balinese dances, it...
What makes the Kecak special is that the accompanying music is provided by the human voice, the...
Sidakarya mask is part of the mask dance performances that accompanied the ceremony in Bali...
Barong is probably the most well known dance. It is also another story telling dance, narrating...

Photo Tour

photo_tourphoto_tourphoto_tourphoto_tourphoto_tourphoto_tourphoto_tourphoto_tourphoto_tour

Contact us

 Gianyar Government Tourism Office

Jln. Ngurah Rai, Gianyar - Bali - Indonesia (0361) 943554 This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.