Leo Travel 2 - шаблон joomla Joomla
Pura Pegulingan is built in Caka year 1100 (1178 C) by King Masula Masuli. The location of the temple is in Basangambu Tampak Siring Gianyar regency. This
Located just 10 minutes outside of Ubud in Bali, Goa Gajah is a significant Hindu archaeological site. Goa Gajah is locally known as the Elephant Cave because of
Gunung Kawi Tampaksiring terletak di Banjar Penaka, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Candi Gunung Kawi merupakan situs arkeologi berupa candi yang dipahatkan pada dinding batu di
Tirta Empul is located in the upper course of pakerisan rive, Manukaya Vilage Tampaksiring Sub district Gianyar Regency.
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5

Letak dan Luas Wilayah
Gianyar merupakan salah satu dari sembilan Kabupaten/Kota di Propinsi Bali, terletak antara 08o 18’48″ – 08o 38’58″ Lintang Selatan 115o 13’29″ – 115o 22’23″ Bujur Timur. Berbatasan dengan Kabupaten Badung dan Kota Denpasar disebelah Barat, Kabupaten Bangli di sebelah Utara, Kabupaten Bangli dan Klungkung disebelah Timur serta selat Badung dan Samudra Indonesia disebelah Selatan.?          Bagian terluas wilayah Kabupaten Gianyar (20,25%) terletak pada ketinggian 250 – 950 meter dari permukaan laut. Terdapat 12 buah sungai melintasi wilayah Gianyar Sebagian besar air sungai dimanfaatkan sebagai irigasi persawahan. Gianyar tidak memiliki gunung berapi. Luas Kabupaten Gianyar 36.800 Hektar atau 6,53% dari luas Bali secara keseluruhan. Keadaan sampai akhir tahun 2011 luas sawah 14.732 Ha. Tanah kering 21.879 Ha dan tanah lainnya berupa Rawa-rawa, Tambak, kolam/ tebat/ empang luasnya 171 Ha.

 

Musim
Seperti umumnya keadaan musim di daerah lainnya, Kabupaten Gianyar dikenal dua musim yaitu musim kemarau dan musim hujan. Keadaan ini berkaitan erat dengan arus angin yang bertiup di kawasan Indonesia. Pada bulan Januari sampai Desember arus angin yang berhembus banyak membawa uap air kerena melewati Samudra Pasifik dan beberapa lautan di sekeliling luar Indonesia, sehingga mengakibatkan musim yang tidak menentu dan sering terjadi hujan lebat disertai angin besar.??

Curah Hujan
Curah hujan antara lain dipengaruhi oleh keadaan iklim dan perputaran/pertemuan arus udara. Oleh karena itu jumlah curah hujan beragam menurut bulan dan letak stasiun pengamat.?Sejak tahun 2006 pencatatan curah hujan dilakukan pada tiap-tiap kecamatan dengan masing-masing ada 1 buah tempat pencatatan curah hujan. Berdasarkan hasil pencatatan curah hujan bahwa sepanjang tahun 2011 curah hujan di Kabupaten Gianyar berkisar antara 10 – 560 mm. Kecamatan dengan total curah hujan tertinggi adalah kecamatan Payangan yaitu sebesar 2380 mm, tempat kedua Kecamatan Ubud dengan total curah hujan 2106 mm sedangkan kecamatan dengan curah hujan terkecil adalah Kecamatan Gianyar dengan total curah hujan 1431 mm.?Bulan Agustus merupakan bulan terkering selama tahun 2011 dengan curah hujan berkisar 10 – 23 mm.

 

GAMBARAN UMUM KABUPATEN GIANYAR
Kabupaten Gianyar memiliki luas 368 km2 yang prosentasenya hanya 6,53% dari Pulau Bali, dari segi luas ranking no. 7 di atas Kodya Denpasar dan Kabupaten Klungkung. Kabupaten Gianyar terdiri dari 7 Kecamatan yaitu :

 

1.Kecamatan Gianyar

 

2.Kecamatan Blahbatuh

 

3.Kecamatan Sukawati

 

4.Kecamatan Payangan

 

5.Kecamatan Tegallalang

 

6.Kecamatan Tampaksiring

 

7.Kecamatan Ubud

 

Kabupaten Gianyar terdiri dari 6 Kelurahan, 63 desa yang terbagi atas 495 dusun/ banjar dan 45 lingkungan. Organisasi teknis dari sektor pertanian terdiri atas 518 subak yeh dan 36 subak abian.

 

Kependudukan
Penduduk Kabupaten Gianyar menurut sensus terakhir berjumlah 421.067 orang dengan rata – rata kepadatan 1.144 jiwa/km2. Mayoritas penduduk Kabupaten Gianyar beragama Hindu, 97.82% dari semua umat yang ada.  ?Penduduk Kabupaten Gianyar mempunyai beragam mata pencaharian diantaranya sebagai petani, pedagang, pegawai negeri, pegawai swasta, pengerajin dan nelayan.?Berkat perkembangan kepariwisataan yang semakin pesat membawa dampak semakin banyaknya masyarakat Gianyar bekerja di sektor industri kepariwisataan. Tak dapat kita pungkiri sektor kepariwisataan telah menjadi primadona penunjang utama perekonommian masyarakat Gianyar.

Penyerapan tenaga kerja di sektor industri pariwisata dari hari kehari semakin menunjukkan perkembangan yang nyata. Khusus penyerapan tenaga kerja di sektor perhotelan sesuai data statistik sejumlah 5435 orang tersebar di hotel berbintang maupun non bintang

Rate this item
(0 votes)
Login to post comments
In legends, Legong is the heavenly dance of divine nymphs. Of all classical Balinese dances, it...
What makes the Kecak special is that the accompanying music is provided by the human voice, the...
Sidakarya mask is part of the mask dance performances that accompanied the ceremony in Bali...
Barong is probably the most well known dance. It is also another story telling dance, narrating...

Photo Tour

photo_tourphoto_tourphoto_tourphoto_tourphoto_tourphoto_tourphoto_tourphoto_tourphoto_tour

Contact us

 Gianyar Government Tourism Office

Jln. Ngurah Rai, Gianyar - Bali - Indonesia (0361) 943554 Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.