Leo Travel 2 - шаблон joomla Joomla
Pura Pegulingan is built in Caka year 1100 (1178 C) by King Masula Masuli. The location of the temple is in Basangambu Tampak Siring Gianyar regency. This
Located just 10 minutes outside of Ubud in Bali, Goa Gajah is a significant Hindu archaeological site. Goa Gajah is locally known as the Elephant Cave because of
Gunung Kawi Tampaksiring terletak di Banjar Penaka, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Candi Gunung Kawi merupakan situs arkeologi berupa candi yang dipahatkan pada dinding batu di
Tirta Empul is located in the upper course of pakerisan rive, Manukaya Vilage Tampaksiring Sub district Gianyar Regency.
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5

Obyek Wisata Goa Gajah

Obyek wisata Goa Gajah terletak di Banjar Goa, Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, berjarak kurang lebih 5 km dari Ubud. Obyek wisata Goa Gajah diketahui dari masa pemerintahan beberapa raja, antara lain : Sri Dharmawangsawardhana Marakatapangkajastano Tunggadewa (1022 M), Raja Anak Wungsu (1053), Paduka Sri Mahaguru (1324).

Pada kitab Negarakertagama, yang dikarang oleh Mpu Prapanca pada jaman pemerintahan Raja Hayam Wuruk di era Majapahit menyebutkan Lwa Gajah terletak di Desa Bedulu sebagai tempat bersemayamnya Sang Bodadyaksa.

Juga disebutkan istilah Kunjarakunjapada yang berarti “asrama kunjara” dimana Kunjara dalam bahasa Sansekerta berarti Gajah. Asrama ini merupakan asrama Rsi Agastya yang berlokasi di Mysore di India Selatan dimana jaman itu memang banyak hidup gajah liar disekitar asrama itu. Dengan demikian Goa Gajah kemungkinan besar untuk mengingatkan akan asrama Kunjara yang ada di India.

Awal mula penemuan Goa Gajah berawal dari laporan pejabat Hindia Belanda, L.C. Heyting pada tahun 1923, yang melaporkan temuan area Ganesha, Trilingga serta area Hariti kepada pemerintah Hindia Belanda, kemudian Dr.W.F. Stuterhiem pada tahun 1925 memulai mengadakan penelitian lanjutan. Pada tahun 1950 Dinas Purbakala RI melalui seksi-seksi bangunan purbakala di Bali dipimpin oleh J.L. Krijgman melakukan penelitian dan penggalian pada tahun 1954 sampai tahun 1979 dan ditemukan tempat petirtaan kuno dengan enam buah patung wanita dengan pancoran didada. Dan sampai sekarang keberadaannya dipercaya bisa memberikan vibrassi penyucian aura bagi pengunjung.

Di depan goa terdapat sebuah bangunan  yang menyimpan patung Ratu Brayut atau Hariti. Menurut para arkeolog, Hariti adalah tokoh yang berkarakter jahat pada awalnya, namun setelah belajar agama Budha sifat jahat berubah menjadi seseorang penyayang anak, sebagaimana terlihat pada patung tersebut.

Pada dinding goa sebelah kanan  atas terdapat tulisan Kadiri Kwadrat yang berbunyi “Kumon” dan “Shy Wangsa” yang artinya belum dapat diketahui dengan pasti oleh para ahli sejarah. Menurut penelitian para ahli arkeologi dari bentuk seni area dan petirtaan yang ada di Goa Gajah diyakkini merupakan warisan pada abad-11. (Sumber BP3 Bali)

Kompleks Goa Gajah terdiri atas 2 bagian utama, yaitu bagian kompleks utara yang merupakan warisan ajaran Siwa dengan adanya Tri Lingga dan patung Ganesha di dalam goa. Kompleks sebelah selatan Goa Gajah yakni area Tukad Pangkung ditemukan oleh Mr. Concrat Spies pada tahun 1931, berupa stupa Budha bersusun tiga belas dan stupa bercabang tiga yang dipahat di batu besar. Kondisi stupa yang tidak utuh disebabkan karena bencana alam dahsyat yang terjadi di Bali pada tahun 1917. Diatas Tukad Pangkung sebelah selatan terdapat Pura Pertapan, disini tersimpan area Budha yang keberadaannya diperkirakan sejak abad ke-9 merupakan salah satu bukti penyeberan agama Budha di Bali. Bukti-bukti peninggalan arkeologi di goa gajah yang bersifat Budhis dan Siwaistis merupakan cermin toleransi kehidupan beragama pada jaman dahulu yang kita warisi sampai saat ini.

 

 

 

Login to post comments
In legends, Legong is the heavenly dance of divine nymphs. Of all classical Balinese dances, it...
What makes the Kecak special is that the accompanying music is provided by the human voice, the...
Sidakarya mask is part of the mask dance performances that accompanied the ceremony in Bali...
Barong is probably the most well known dance. It is also another story telling dance, narrating...

Photo Tour

photo_tourphoto_tourphoto_tourphoto_tourphoto_tourphoto_tourphoto_tourphoto_tourphoto_tour

Contact us

 Gianyar Government Tourism Office

Jln. Ngurah Rai, Gianyar - Bali - Indonesia (0361) 943554 Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.